Post Series: Reli Foto (Photo Rally)
  1. 1.Reli Foto (Photo Rally) – bagian 1
  2. 2.Reli Foto (Photo Rally) – bagian 2

Seperti apa soal reli foto itu, memangnya susah?

Sebelum membuka soal kita simak aturan mainnya lebih dulu.

  1. Ukuran lensa yang dipakai membuat soal reli adalah Lensa 50 mm kamera format ‘Full Frame’, atau setara lensa sekitar 35mm pada kamera format APSC
  2. Setiap soal hanya dijawab oleh satu foto saja; apabila difoto berkali kali foto-foto ini dianggap jawaban soal-soal berikutnya
  3. Memotretlah secara Horizontal jika dalam soal ada kata ‘HUT’, dan memotretlah Vertikal jika ada kata ‘PAF’.

Gampang ya..?

Oke, sekarang soalnya

(1) “Kita harus cinta pada kota Bandung dimana acara HUT diadakan, nyatakan cinta anda dan hadirkan ikon kota ini, walaupun kecil akan sangat berarti.”

nyatakan cinta dan ikon bandung

Hati-hati ada kata “dan”! Jadi foto harus memperlihatkan 2 obyek, pernyataan cinta dan ikon Bandung (badak).

(2) “Cinta PAF jangan mengalahkan cinta pada Ibu, karena ibu itu pahlawan, biarkan mentari menyinari wajahnya, dengan beberapa batang pohon menjulang disampingnya.”

02-ibu-pahlawan

Jawabannya gambar kiri. Kita harus mengatur sudut pengambilan sehingga wajahnya jelas tersinari cahaya dan ada batang pohon di sampingnya. Posisi memotret gambar di kanan mungkinkah menghasilkan foto sama seperti jawaban?

Tingkat kerumitan jawaban bervariasi dari mudah seperti di atas sampai yang ‘agak’ susah. Susah, karena batas ruang pandang lensa 50 mm full frame (35 mm pada APSC) menjadi kunci keakuratan jawaban.

(3) “Periksa baterai kamera, charge jika habis, supaya HUT kita sukses jangan lupa bayar tagihan listriknya, walaupun tersembunyi tapi ada 7 tiang pagar dikanannya.”

15-pln-pagar

Tidak mudah, kotak PLN dan jeruji pagar hanya tertangkap lengkap oleh lensa 50mm; untuk lensa 35mm kita perlu mengatur jarak untuk memperoleh gambar yang sama. Jadi jika menggunakan kamera APSC, kita harus fahami betul karakteristik ruang pandang kamera full frame yang dipakai panitia saat membuat soal dengan kamera APSC yang kita pakai ketika ikut lomba reli.

Sekarang berani ikutan reli foto?

https://i1.wp.com/kawanmotret.com/wp-content/uploads/2016/12/15-pln-pagar.jpg?fit=400%2C267&ssl=1https://i1.wp.com/kawanmotret.com/wp-content/uploads/2016/12/15-pln-pagar.jpg?resize=150%2C150&ssl=1riosetoFotografi UmumRupa-rupaphoto rally,reli foto,tepat waktukawan berbagi informasi seputar fotografi